Makmurkan Masjid, Berdayakan Umat

Muslim Memilih Pemimpin Muslim

MASJIDANNUUR.com| Jakarta–Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur DKI Jakarta masih setahun lagi. Namun, para bakal calon gubernur sudah bersiap untuk memperebutkan posisi sebagai orang nomor 1 di DKI Jakarta. Bagaimana peluang terpilihnya gubernur Islam?

Dalam pengajian Shubuh pekanan di Masjid An-Nuur Kalimalang Jakarta Timur, Ahad, 26 Jumadil Awal 1437/ 6 Maret 2016, Ustadz H Abdul Chair Ramadhan, mengatakan peluang umat Islam untuk menjadi gubernur Jakarta sangat besar. Syaratnya, umat Islam sebagai mayoritas harus bersatu dan mengonsolidasikan kekuatan untuk menuju integrasi ukhuwah Islamiyyah dan penerapan syariat Islam. Untuk itu, menyongsong Pilkada Jakarta tahun 2017 harus dimunculkan hanya satu pasangan calon yang memperjuangkan nilai-nilai syariat Islam.

Menurutnya, bukan hal yang mustahil, jika kursi Gubernur DKI tahun 2017 akan mengantarkan kepada kursi Presiden RI, sebagaimana yang dilakukan oleh Jokowi. Oleh karenanya, calon Gubernur Jakarta harus dari umat Islam dan diusung oleh aliansi ormas-ormas Islam, alim ulama, habaib, dan para tokoh Islam. “Jika yang terpilih non-Muslim, maka umat Islam kalah telak dalam berpolitik,” papar Komisi Hukum dan Perundang-Undangan (Kumdang) Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu.

Ia menjelaskan, hasil Pilkada DKI Jakarta tahun 2012 menunjukkan perolehan suara dua pasang calon independen hanya 301.925 suara atau 6,96 persen dari jumlah total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 6.962.348. Adapun jumlah Golput sebanyak 2.555.207 (36,6 persen) pada Putaran Pertama, padahal perolehan suara pasangan Joko Widodo dan  Basuki T Purnama hanya sebesar 1.847.157. “Sumbangan suara Golput pada akhirnya mengantarkan pasangan Joko Widodo dan Basuki T Purnama pada Putaran Kedua sebagai pemenang dengan perolehan suara sebesar 2.472.130 (53,82 persen),” papar Chair.

Di sisi lain, angka Golput sebesar 2.349.657 dan perolehan suara pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli hanya sebesar 2.120.815 (46,18 persen). Haya beda 7,64 persen, atau sebanyak 351.315 pemilih. “Ini artinya, kemenangan Joko Widodo dan Basuki T Purnama lebih disebabkan oleh ketidakpercayaan pemilih terdaftar – yang akhirnya menjadi Golput – terhadap semua calon, baik dari unsur Parpol maupun independen,” jelasnya.

Kekuatan umat Islam dimulai dan didahului oleh penguatan kelembagaan sebagai mesin pendorong yang mengarahkan konstituen Muslim. Tanpa adanya kelembagaan ini, maka dapat diprediksi suara umat akan terpecah-pecah dan kemenangan ada pada calon yang tidak atau belum tentu mewakili kepentingan umat Islam.

“Saya yakin dengan adanya kesamaan visi dan misi di antara para stakeholder dalam bentuk bersatunya komponen umat Islam melebur dalam suatu kelembagaan akan dapat menaikkan suara dan memenangkan Pilkada Gubernur Jakarta tahun 2017 yang akan datang. Kelembagaan tersebut adalah Majelis Tinggi DKI Jakarta Bersyariah,” tegasnya. [FAT]

 

Leave a Reply

ALAMAT

Masjid An-Nuur Perumahan Permata Timur Curug Kalimalang Jakarta Timur 13450
Phone: (021) 86900849
Fax: (021) 86900877
Website: http://masjidannuur.com
Email: masjidannuur212@gmail.com

DISCLAIMER

Important: This site has been setup purely for demonstration purposes and all the content are designed to showcase the uDESIGN WP theme as it could look on a live site.
All images are copyrighted to their respective owners.